Bank Sampah

Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk menumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan yang dari sampah atau ke tempat pengepul sampah. Bank sampah dikelola mengguakan sistem seperti perbankan yang dilakukan oleh petugas sukarelawan. Penyetor adalah warga yang tinggal di sekitar lokasi bank sampah serta mendapatkan buku tabungan seperti menabung di bank.

Latar belakang beridirinya bank sampah karena adanya keprihatinan masyarakat akan lingkungan hidup yang semakin lama semakin dipenuhi dengan sampah baik organic maupun anorganik. Sampah yang semakin banyak tentu akan menimbulkan banyak masalah, sehingga memerlukan pengolahan seperti membuat sampah menjadi bahan yang berguna. Pengelolaan sampah dengan sistem bank sampah ini diharapkan mamapu membantu pemerintah dalam menangani sampah dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Berikut adalah data lama waktu penguraian dari jenis-jenis sampah yang mungkin pernah kita buang :


Kategori Bahan / Material
Masa waktu untuk terurai
Kertas
2 – 5 Bulan
Kulit Jeruk
6 Bulan
Kardus / Karton
5 Bulan
Filter Rokok
10 – 12 tahun
Kantung Plastik
10 – 201 Tahun
Baju/Kaos yang berbahan nilon
30 – 40 Tahun
Benda berbahan kulit
25 – 43 Tahun
Plastik Keras (Botol Plastik)
50 – 80 Tahun
Jaring Ikan
30 – 40 Tahun
Aluminium
80 – 100 Tahun
Batu Baterai Bekas
100 Tahun
Kaleng Timah
200 – 400 Tahun
Botol Kaca / Benda berbahan kaca
1 Juta Tahun
Styrofom
Tidak Dapat Terurai

Karang Taruna Tunjug Seto Bae mendirikan bank sampah mempunyai tujuan untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapid dan bersih. Bank sampah juga didirikan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam masayarakat, misalnya untuk kerajianan dan pupuk yang memiliki nilai ekonomis.

Slogan Mari Beraksi Peduli Lingkungan Bersama “TUNJUNG SETO” merupakan bentuk upaya karang Truna untuk membangkitkan masyarakat sadar akan lingkunga yang bersih dan peduli dengan lingkungan.

Sampah yang dapat di tabung di bank sampah “Tunjung Seto” adalah sebagai berikut :

1.Kardus
2.Kertas
3.Plastik/Kresek
4.Atom (botol oli, gelas minuman kemasan, dll)
5.Botol Kaca / Benda berbahan kaca
6.Dan yang lain yang termasuk sampah anorganik.